Cara Mudah Memperbaiki Aki Soak
Tips ringan kali ini semoga bisa jadi tambahan refrensi buat sahabat pembaca situs bjf eaction kali ini, memang cara ini tidak mungkin mengembalikan keadaan aki seperti kondisi semula, akan tetapi dapat meringakan biaya atau mengurangi pengeluaran lagi sebelum mengganti aki dengan yang baru.
Ilustrasi aki basah img src: google |
Sebelum ke bagian cara memperbaiki aki basah yang soak, apakah itu aki mobil atau aki motor, tips berikut nantinya diharapkan dapat membantu, untuk mengatasi permasalahan aki yang sudah tidak dapat menyimpan arus listrik lagi, tapi sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan aki menjadi soak.
Penyebab aki soak, tekor atau drop
Aki tekor soak atau drop tidak dapat menyimpan arus listrik bisa disebabkan banyak hal, disamping dari kualitas porduk buatan aki itu sendiri, ada hal lain yang sering menjadi penyebab aki tersebut menjadi cepat drop antara lain :- Air Aki
Aki basah harus selalu tergenang cairan elektrolit h2so4, perhatikan pada setiap kemasan aki basah terlihat batas minimum air dan batas maksimum, lihat batas minimum air terlihat jelas, permukaan air aki berada diatas plate timah yang terdapat didalam setiap sel-sel aki.
Batas Minimum
Air harus berada diatas permukaan plate timah didalam sel aki, sel aki membutuhkan air aki untuk merotasi arus listrik yang dihasilkan oleh alternator. Jika air aki kurang, listrik di dalam aki tidak bisa tersalurkan dengan baik dan juga plate timah yang berada di dalam aki akan menimbulkan panas yang berlebihan (menjadi beban), dengan begitu plate timah akan terpisah atau patah karena panas yang berlebihan.
Batas Maksimum
Pengisian air aki atau menambah air aki tidak dibenarkan melebihi kapasitas (batas yang sudah ditentukan), karena hal tersebut akan menyebabkan uap air aki tidak keluar dari lobang pembuangan denngan normal, yang akhirnya memaksa keluar dari kepala aki, kemudian kepala aki menjadi corrosive, seperti kurap yang dapat menghambat proses daya hantar. - Pengecasan (charger) yang berlebih
Pengecasan aki yang berlebih, tegangan dua kali lebih besar dari aki, kuat arus yang besar, pada kendaraan motor atau mobil sering dikenal dengan "Alternator", merupakan alat / dinamo yang berfungsi untuk charger aki. - Kondisi Seputar Aki Terlalu Panas
Kita ketahui bersama didalam aki terdapat plate tipis yang terbuat dari bahan dasar timah, timah akan melebur jika suhu tinggi (panas), tidak menutup kemungkinan jalur-jalur pada plate menjadi terputus. - Getaran
Getaran yang terlalu kuat juga dapat mempengaruhi posisi letak plate, saat aki di cass, maka suhu didalam aki pada setiap elemen ikut naik (panas), apabila ada getaran yang kuat memungkinkan jalur-jalur pada plate terputus karena goncangan yang terlalu kuat.
Dengan mengetahui beberapa hal yang menyebabkan aki basah menjadi cepat soak, drop atau tekor memungkinkan kita bisa memelihara aki tersebut untuk memperpanjang usia aki.
Cara mudah memperbaiki aki soak, aki drop, aki tekor.
Cara memperbaikinya sangat mudah, dan cara ini sering sekali saya gunakan sendiri, pada aki kendaraan roda dua saya, berikut cara mudahnya :
- Keluarkan / Lepaskan aki dari posisi letak aki motor atau aki mobil.
- Buang semua isi air aki yang masih ada didalam aki tersebut.
- Siapkan air panas, kemudian cuci akinya dengan menggunakan air panas, dengan cara memasukan air panas tadi kedalam aki, sembari mengguncang aki secara berlahan, hal ini untuk membersihkan serbuk-serbuk atau taik-taik timah plate dalam setiap element kolom aki, yang bisa menyebabkan terjadinya short antar plate.
- Lakukan langkah ketiga minimal 3 kali, dan kemudian buang semua air aki, sampai benar-benar kering,
- Jika langkah ke empat sudah diterapkan, langkah selanjunya mengisi ulang air aki dengan menggunakan cairan khusus untuk aki baru (H2SO4), ingat air aki yang dimasukan bukan air aki untuk menambah, (klu dak salah mereknya zhuur)
- Biarkan beberapa jam, balikan posisi aki (lobang penutup) menghadap kebawah dan biarkan hingga beberapa jam, untuk mastikan agar sisa-sisa air panas tadi benar-benar kering terbuang.
Langkah selanjutnya aki jangan di pake, usahakan lakukan charger ulang sebelum aki di pergunakan, baca: cara membuat cas aki sendiri, jika anda tidak memiliki cas aki sendiri, anda bisa cas / isi setrum aki ditempat-tempas cas aki di tempat anda, untuk aki motor sebenarnya bisa langsung dipasang, dengan catatan, menyalakan motor jangan menggunakan starter, sebaiknya engkol saja motor dan bawa keliling-keliling biar motor melakukan cas aki sendiri.
Itulah tips sederhana atau cara mudah memperbaiki aki yang soak, drop atau tekor.
Itulah tips sederhana atau cara mudah memperbaiki aki yang soak, drop atau tekor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar